Senin, 19 September 2011

Asal Usul Pulau Kaledupa

‎*Asal Usul Pulau Kaledupa*

Kaledupa adalah pulau yang letaknya disebelah tenggara pulau Koba (Wangi-Wangi). Kata Kaledupa berasal dari “kauhedupa” yang berarti “kayu yang dijadikan dupa”

Konon dizaman dahulu, seorang tua bersama anak dan istrinya membuka lading dipulau itu. Pada suatu ketika,orang tua itu bermimpi tanaman diladangnya diserang hama.ind Supaya ladangnya terhindar dariserangan hama,maka seluruh ladaangnya harus diasapi dengan kemenyan.maka dicritakanlah mimpinya itu kepada anak dan istrinya. Dicarinya kemenyan dipulau itu. Namun tidak didapatkan. Karena cemas kalau mimpinya itu benar-benar terjadi, maka ditebangnya pohon kayu yang berada diladangnya lalu dionggokanya ranting-ranting pohon kayu tebangan itu dan dibakarnya, maka alangkah takjub dan gembira hatinya setelah ternyata ranting-ranting yang dibakar itu asapnya mengeluarkan bau yang Wangi Dari perilaku orang itu, tanaman diladangnya tumbuh dengan subur dan menghasilkan panen yang melampaui lading-ladang penduduk yang lainya dipulau itu. Karena orang tua itu mencperitakan keberhasilan ladangnya berpangkal dari mimpi dan asap kayu wangi diladangnaya,maka berebutlah penduduk memotong batang kayu wangi itu dan memperbuatnya seperti apa yang dilakukan orang tua tersebut. Ketiga batang kayu wangi itu habis,maka semua penduduk bersusah. Orang tua lalu bertapa dibekas tumbuh pohon itu. Didalam pertapaannya orang tua itu memperolaeh kesan : “ bahwa setiap penduduk yang berbuat meniatkan baktinya demi kejayaan dan kehormatan negeri (Togo) pulau ini,maka akan berhasillah setiap apa yang dikerjakan orang itu. Karena negeri (Pulau)ini dipersiapkan agar dikemudian hari menjadi adik dari negeri wolio(Buton). Bertolak dari kesan pertama itu,maka diberinama “Togo Kauhedupa”. Pada saat Kasawari dilantik menjadi Lakina Barata kauhedupa yang pertama, ia menyuarakan semboyan kepada penduduk “ Rodongo sabaangkita mia nu togo, te kahedupa nte nirabu,te andi-andi nu wolio” artinya Dengarlah hai segenap penduduk, negeri kahedupa dicipta untuk menjadi adik (setingkat lebih rendah) dari pada negeri Wolio (Buton). Dengan pernyataan itu memberikan penegasan bahwa kahedupa adalah pemimpin atas negeri (Pulau-Pulau) lain dikawasan kepulauan itu. Bahwa kata kauhedupa dikemudian hari menjadi kalidupa,maka pihak Belanda (VOC)lah yang mengabadikannya, lalu terbawa-bawa hingga kini/kapanpun.

Betapa besarnya penghargaan terhadapnegeri (Togo) kahedupa tersebut, siapapun yang akan merusaknya,menghinanya maka penduduk Togo itu akan membelanya dengan tetesan darahnya sekalipun.
· · · August 2 at 2:54pm

    • Darfito Pado Akan menarik bila bisa disebutkan tahun kejadian ini.....
      Kalau ditilik lebih lanjut, ada dua referensi tahun pada cerita ini yg perlu ditelusuri:
      1. Tahun kejadian ketika "Sang Orang Tua" bermimpi dan kemudian bertapa.
      2. Tahun ketika Kasawari dilantik. Untuk hal yg ini sedikit mudah menelusurinya, sebab Wolio sudah disebutkan.

      Salam.......
      August 2 at 3:07pm ·
    • Muiztickh Ghotika Doank maaf referensi yg q dapat hanya segini... ntar q cari referensi yg lengkapx dech...
      August 2 at 3:20pm ·
    • Darfito Pado Pak Muiz: Saya pikir pertanyaan saya adalah pertanyaan kepada seluruh anggota grup, termasuk kepada saya sendiri.
      Terima kasih postingan dan tanggapan positifnya.
      August 2 at 3:27pm · · 1 person
    • Muiztickh Ghotika Doank ooowww... gitchu... alx semakin banyak referensi tentang Kaledupa/Wakatobi... yg di posting di group ini... akan semakin banyak pengetahuan Budaya dan Historial Wakatobi... hehehehe... ini tugas kita bersama....
      August 2 at 3:33pm ·
    • Eva Lavigne Sjrh yg unikkkkk
      August 2 at 3:37pm via mobile ·
    • Muiztickh Ghotika Doank dan Patut kita Banggakan sebagai Generasi Penerus...
      August 3 at 10:12am ·

6 komentar:

  1. yang menjadi pertanyaan siapa kah mereka,.... itu. skarang aku lagi mencari asal muasal masyarakat kita baik itu dari wanci,kaledupa, tomia dan binongko? yang menjadi pertanyaan saya apa semua kepulauan itu berasal dari penduduk yang sama?

    BalasHapus
  2. Asal-usul org ptama yg menduduki pulau tdk dinyatakan dgn jelas..sy ingin tau org kaledupa itu berasal dari rumpun keturunan orang apa atsu suku bangsa apa misalnya melayu dari rumpun keturunan melayu nusantara..

    BalasHapus
  3. .ini anfomasi yg perlu d dngar generasi muda di kaledupa. agar tetap ingat dngan asal kelahirannya..

    BalasHapus
  4. Asal mula penduduk di wilayah tukang besi island adalah di pulau Roh (oroho) terletak antara Liya dan Ambeua kaledupa. Kerajaan dibentuk disana mulai tahun 538 Masehi dengan penduduk berasal dari gjarat, persia, mongolia, tunisia dan afrika.......

    BalasHapus
  5. Kunjungi web blog kami di http://kabali-indonesia.blogspot.com/

    BalasHapus
  6. Makasih kunjungannya..buat teman2 yg punya referensi harap bisa shared untuk menambah informasi ... Salam

    BalasHapus