Senin, 19 September 2011

"KEPULAUAN TUKANG BESI "itu berasal dari kalimat TULLUKKA BESSY


  • PErcaya atau Tidak ... bahwa nama "KEPULAUAN TUKANG BESI "itu berasal dari kalimat TULLUKKA BESSY...?
    · · · July 30 at 2:09pm

      • Buronan Mertua Sii Pusamania TULLUKKA BESSY apa artinya tuu???
        July 30 at 2:18pm ·
      • Muhammad Filtar Tullukka = Persinggahan... Bessy ...salah satu marga Raja-Raja di Maluku sana... seperti marga Suadi Marassabessy... sejarahnya panjang .. ndak cukup melalui posting yo...sepintas historianya bhw zaman dulu pernah ada pasukan dan utusan khusus dari kerajaan2 maluku dulu untuk menghadap kerajaan Buton maka mrk sebelum ke ibu kota kerajaan merk singgah di kerajaan kaidupa (Bharata Kaidupa)..lalu ada asosiasi dgn masyarakat setempat (biasa paga-paganda di galampa dgn tetua-tetua dan penerintah) lalu ada perkaiwinan dllnya... (sumber Tula-tula mancuana nata dan pemerhati sejarah). itu aja dulu yah..rajin dong tula-tula dengan orang2 tua kita...salam.
        July 30 at 2:26pm ·
      • Muhammad Filtar Ara tei kita di kahedupa te "Tullukka " iso te Tulua ya.
        July 30 at 2:28pm ·
      • Darfito Pado Waaah, Kanda Filtar, harus sedikit agak hati-hati dgn hal ini. hehehehehehe..........
        Salam......
        July 30 at 3:00pm ·
      • Muhammad Filtar Bisa dikaji secara ilmiah kembali secara terstruktur dan komprehensip..dugaan sementara boleh... kita boleh mengkritisi nama sesuatu bila itu menyisahkan pertanyaan mendasar'.... misalnya kenapa, bagaimana... sehingga disebut Kepulauan Tukang Besi..? atau apakah ada kesesuaian antar sebuatan itu dengan Tula-Tula atau cerita-cerita lisan yg pernah kita dengar....ini sebuah pertanyaan kepada "Percaya atau Tidak" kalau percaya berarti boleh ada studi sejarah lebih jauh untuk menemukan fakta-fakta kesejarahannya kalau tidak berarti berhenti sampai disitu.. atau ada ketidak puasan alias penasaran thank's.
        July 30 at 10:22pm · · 1 person
      • Darfito Pado Pertanyaan ini sebenarnya identik dgn pertanyaan berikut:
        " Sejak kapan gelar Ode, Andi, Raden dsb mulai digunakan di Nusantara ini?"
        Salam....
        July 30 at 10:26pm via mobile ·
      • Muhammad Filtar Ya sehingga muncul kemerdekaan bertanya " karena dri dulu sampai sekarang belum ada catatan sejarah kenapa 4 pulau itu di sebut Kepulauan Tukang Besi rasionallitas kesejrahannya asal muaalnya dari mana,siapa yang memberi,dan kenapa diberi sebutan seperti itu apa memang Wanci,kaledupa,tomia dan binongko itu adalah pulau-pulau para tukang besi" tentunya penyebutan itu bukan didasarkan pada satu pulau saja misalnya binongko karena pembuat kabali,kali,soka,cangkul disana lalu itu menjadi mewakili semua untuk penyebut namaan kan ini butuh kajian juga kan begitu....
        July 30 at 10:36pm · · 1 person
      • Buronan Mertua Sii Pusamania harus banyak tula tula dengan orang tua nihh...
        biar bisa banyak dapat informasi....
        salam..
        July 31 at 8:24am ·
      • Darfito Pado Sebenarnya ini berkaitan dengan politik simbol yg dijalankan oleh Belanda dan pada akhirnya pemerintah Indonesia. Ini tidak jauh berbeda dgn Makassar yg kemudian diganti dgn Ujung Pandang. Kaledupa harus didudukan kembali posisinya sebagai Barata dan harus dilihat secara seksama posisi pulau-pulau yg lain dalam perspektif Barata ini. Yang sangat menarik adalah pada sebuah pertanyaan berikut ini:

        "Mengapa Lakilaponto a.k.a Haluoleo a.k.a Sultan Murhum Ibnu Sugimanuru mau melakukan "Military Pact" dgn Kaledupa saja, tidak dgn pulau-pulau yg lain? Ini kemudian membuat Sultan La Elangi merasa perlu untuk mensahkannya dalam Martabat Tujuh. Ketika kemudian nama Kepulauan Tukang Besi ini digunakan, bukankan ini upaya simbolisasi politik yg coba mereduksi peran Kaledupa dibanding tiga pulau yg lain? Lalu kemudian cerita yg dibuat ini dgn begitu saja kita terima sebagai sebuah "Kebenaran"? Kalau mau ditilik lebih lanjut lagi, di manakah, secara geografis, pusat "kerajaan" Kaedupa itu?"

        Pada akhirnya , ini sebuah pertanyaan yg saya pikir mesti dituntaskan sebelum kita sampai pada kesimpulan-kesimpulan ttg Kaledupa yg kita banggakan. Yg perlu kita garisbawahi adalah betapa tugas sejarah mengenai Kaledupa terletak ditangan generasi muda Kaledupa. Janganlah karena "Kekalahan" kita yg bertubi-tubi dalam perspektif politik modern, kemudian mereduksi peran sejarah sebuah Batara yg sangat disegani bahkan oleh seorang Lakilaponto sekali pun.

        Tabe' dan Salam............
        July 31 at 8:56am · · 1 person
      • Muhammad Filtar masih banya cerita -cerita nlisan yg perlu dibuktikan secara akademis dan ilmiah .....oke bisa di komentari oleh siapa saja oleh anak pulau.. salam .
        July 31 at 8:45pm ·

1 komentar:

  1. Menarik kisahnya pulau tukang besi di atas...! Namun alangkah baiknya ditunjang oleh data pendukung. Setahu saya sampai saat ini belum jelas siapa yang pertama namakan tukang besi ; apakah Belanda atau Portugis ?!. Jelasnya kalau belanda memang ada di naskah kolonial disebut "Onde Affdellng Tukang Besi Island" terpisah dengan peruntukan buton sebagai "Onder Affdelling Buton-Laiwoi". jadi mari kita simak sejarah budaya kita yang baik..., carimi referensi penunjang supaya kita punya asar..". Saya fikir tak ada hubungan Maluku dengan Wakatobi, mengingat bahwa sesuai hasil riset terahir ternyata Tukang Besi island adalah satu benua tersendiri, beda dengan benua buton (sulawesi).

    BalasHapus